RENSTRA KEMENTRIAN KOMINFO IA ITB 2021
1. Deskripsi Kementerian Komunikasi dan Informasi
Visi : Transformasi Digital IA ITB
Misi :
- Mendukung Kebutuhan IT IA ITB, Sekjen, Semua Organisasi termasuk IT Governance.
- Menjadikan Industri ICT Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri terutama Kompentensi SDM, Expert, Aplikasi, dan Inovasi, Ekosistem Lokal dengan kolaborasi potensi IA ITB maupun networking dalam dan global.
A. Bidang Infrastruktur Telekomunikasi
- Infrastruktur Cloud, Server IAITB
- Kajian Strategi Kolaborasi Infrastruktur Telekomunikasi
- Kajian Kebijakan Regulasi dan Kompetisi Industri Infrastruktur Jaringnan TIK meliputi 5G, Cloud, Big Data, Satelit, Fiberisasi, Operator Telco, Broadcast, ISP, dsb
B. Bidang IT Support & Solution
- Dukungan Manajemen Support IT, Nama Domain, E-mail.
- IT Governance termasuk SOP dan User Manual.
- Pengembangan Aplikasi Internal IAITB termasuk software
C. Bidang Aptika
- Kajian Strategi Kolaborasi Internal IA ITB dan Industri, Pemerintah,
Akademisi (Pentahelix) - Smart City, IT Security, IT Governance, Startup,
- Dukungan Digitalisasi Kementerian Lain dan Pemda.
- Pengelolaan dan Regulasi Pemanfaatan Database Keanggotaan IA ITB termasuk standar API, programming dsb.
- Verifikasi Compliance Regulasi TIK
D. Bidang IKP (Informasi Komunikasi Publik)
- Manajemen termasuk pemanfaatan Big Data.
- Dukung Humas,
- Pengelolaan Website, Social Media Support
- Database Anggota IAITB
Tujuan dan Sasaran 2021 – 2025
- Digital Identity IAITB
- T Governance yang baik
- Dukungan Digitalisasi K/L lain di dalam linngkugan Kominfo IA ITB
- Kajian Strategis Digitalisasi Indonseia 2025
2. Struktur Organisasi Kementerian Komunikasi dan Informasi IA ITB
3. Tantangan
Secara umum, terdapat tiga faktor utama yang menjadi tantangan industri telekomunikasi saat ini :
A. Outer Circle : Changes
Secara makro, perubahan terjadi pada sektor ekonomi, politik, teknologi, regulasi,
kebijakan pemerintah, dan sosial budaya di masyarakat.
a. Jaringan 5G
Jaringan 5G dibutuhkan untuk mendorong industri di masa yang akan datang
b. Cyber
Membangun kepercayaan terhadap keamanan data pribadi di sektor digital
c. Akselerasi Ekonomi Digital
Shifting UMKM dari tradisional menjadi digital
d. Covid 19 dan vaksin
Monitoring penyebaran covid 19 secara real time dan distribusi vaksin dengan IoT
B. Inner Circle : Customer
Perubahan gaya hidup pada konsumen
a. On-Demand Subscription Model
Peralihan kebiasaan konsumen menjadi on demand subscription, seperti Netflix,Youtube, dll.
b. Digital Maturity
Konsumen yang sudah senior perlu beradaptasi dengan digital, seperti media digital yang lebih real time dan on demand.
c. Streaming Society
Pembatasan kegiatan di luar rumah menyebabkan meningkatnya layanan digital service, seperti Video Streaming.
C. Mid Circle : Competition
Kompetisi dari perusahaan yang bergerak di sektor telekomunikasi
a. Towards Di-Co
Operator telekomunikasi mulai mengembangkan stream bisnis baru dalam hal digital services
b. Rise of Fixed
Broadband Meningkatnya kebutuhan data internet saat work from home
c. OTT Threat
OTT yang mulai merambah bisnis ke sektor infrastruktur.
4. Pendekatan
Pendekatan yang dilakukan adalah menyediakan layanan digital yang memberi manfaat kepada alumni ITB agar tingkat partisipasi alumni meningkat dalam wadah Ikatan Alumni ITB, antara lain seperti
a. Meningkatkan manfaat informasi di website alumni ITB
b. Memberikan manfaat berupa kemudahan dalam menggunakan layanan digital, antara lain seperti berjualan online, sharing akses ke layanan premium (misal zoom, netflix, cloud services, SAAS, online course, whatsapp bot & verified account)
c. Memanfaatkan jejaring networking alumni ITB di birokrasi, akademisi, industri, vendor, akademisi baik di dalam maupun global, maupun kolaborasi dengan stakeholder lainnya.
5. Program Kerja
a. Operational & Mainttenance Website IA ITB
b. Digitalisasi IA ITB
c. IT Governance IA ITB
d. Digital Identity berbasis Database IA ITB
e. Kerjasama Bidang Kominfo IA ITB
f. Knowledge sharing tentang bisnis dan teknologi digital
g. IT Assesment Aplikasi Digital IA ITB
Jakarta, 15 Agustus 2021
Denny Setiawan